Menampilkan data dengan dari beberapa tabel dengan Left Join di MySQL

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Menampilkan data dengan dari beberapa tabel dengan Left Join di MySQL setelah sebelumnya saya membahas mengenai cara menampilkan data dari dua tabel di database MySQL. pada kesempatan kali ini ada perintah tambahan yang akan kita gunakan yaitu menggunakan perintah Left Join.

Pada prinsipnya cara menampilkan data di database MySQL dengan menggunakan Left Join ini sama saja dengan JOIN biasa yang dibahas sebelumnya namun ada sedikit perbedaan antara JOIN dengan LEFT JOIN yaitu dengan ini semua tabel di sebelah kiri akan ditampilkan datanya atau nilainya secara keseluruhan namun untuk tabel di sebelah kanannya hanya sebagian saja atau hanya data yang memiliki kaitan dengan tabel sebelah kiri saja walaupun data di sebelah kanan kosong dengan memakai LEFT JOIN pun akan ditampilkan. 

Supaya lebih jelas saya akan coba memeberikan contoh sebagai berikut. saya mempunya 2 buah tabel yaitu tabel customer dan tabel pesanan dengan data seprti berikut ini :
1. tabel customer
NoPesananIdCustomerJumlah
1110
222
313
2. tabel pesanan
IdCustomerNamaCustomerAlamat
1Ali MutasalJl. Raya MT Haryono
2Jackie ChanJl. Raya Sudirman
3Bruce LeeJl. Raya Bogor
Dari data tersebut saya akan menampilkan data dari customer menggunakan perintah Left Join sehingga perintahnya seperti berikut ini:
SELECT * FROM customer AS cs LEFT JOIN pesanan AS ps ON ps.IdCustomer=cs.IdCustomer; 
Sehingga hasilnya menjadi seperti di bawah ini :
IdCustomerNamaCustomerAlamatIdCustomerNamaCustomerAlamat
1Ali MutasalJl. Raya MT Haryono1110
2Jackie ChanJl. Raya Sudirman222
1Ali MutasalJl. Raya MT Haryono313
3Bruce LeeJl. Raya Bogor(NULL)(NULL)(NULL)
Sekian Artikel kali ini semoga bermanfaat terimakasih dan sampai jumpa.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top