Cara Membuat Database di MySQL

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai cara membuat database di MySQL setelah sebelumnya saya membahas cara instalasi XAMPP di Windows. dan ada dua cara yang akan saya jelaskan dalam tulisan kali ini yaitu membuat database dengan menggunakan MySQL UI dan menggunakan DDL atau Query database di MySQL.

Silahkan ikuti langkah berikut ini untuk memulai membuat database di MySQL. berikut langkah- langkahnya. 




langkah pertama adalah masuk ke MySQL caranya dengan masuk ke browser selanjutnya masukkan alamat berikut di address bar browser : http://localhost/phpmyadmin. maka akan tampil halaman seperti di bawah ini.
Silahkan masukkan Username dan Password untuk masuk ke halaman PhpMyAdmin. masukkan Username dan Password yang telah di set di localhost phpmyadmin cara untuk menambahkan password di PhpMyAdmin ini telah saya bahas di tulisan sebelumnya mengenai cara setting password MySQL

namun tampilan ini tidak akan muncul jika anda menginstall XAMPP tanpa mengatur Password di MySQL. setelah berhasil login maka akan tampil halaman utama PhpMyAdmin seperti dibawah ini.

Cara Pertama : 
Klik menu Databases maka akan muncul halaman seperti dibawah ini : 

Silahkan masukkan nama database yang ingin dibuat misalnya "my_database" selanjutnya klik tombol Create. jika berhasil database "my_database" akan terlihat informasi "Database my_database has been created." untuk membuktikan database telah dibuat lihat di bagian bawah akan terlihat daftar database seperti gambar di bawah ini.

disana terlihat ada database yang bernama my_database.

 Cara Kedua : 
Klik menu SQL maka akan muncul Query editor. masukkan Query seperti ini di dalam Query editor:
create database [database-name];
misalnya :
create database contoh;
selanjutnya klik tombol Go. maka Database akan dibuat untuk melihat hasilnya di Query Editor masukan Query berikut :
show databases;
maka akan muncul daftar database berbentuk table di bawah Query Editor.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top