Upload File ke Server menggunakan WinSCP

Pada tulisan kali ini akan saya coba bahas mengenai cara upload file ke server hosting dengan menggunakan aplikasi WinSCP. sebelum masuk ke teknis upload file mari kita kenal apa itu sebenarnya WinSCP dan cara mendapatkannya. 

WinSCP adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu proses upload file ke server host atau dari satu host ke host lain. ada beberapa aplikasi yang memiliki fungsi yang sama dengan WinSCP ini misalnya : FileZilla, CuteFTP dll. aplikasi ini dapat di alat ini http://winscp.net/eng/download.php.



Setelah itu Install file WinSCP yang didownload. setelah berhasil di instalasi masuk masuk ke aplikasi WinSCP. maka akan muncul halaman login seperti di bawah ini.

silahkan masukkan informasi mengenai Server Host yang akan menjadi tujuan Upload di jendela seperti gambar diatas. Klik New Site untuk membuat Profile Server baru dan masukkan beberapa nilai di form sebelah kanan dan berikut ini penjelasan mengenai Options yang disediakan di halaman di atas.
1. File Protocol : silahkan pilih File Protocol yang disediakan oleh Server Hosting, ada beberapa pilihan yang disediakan biasanya ada SFTP, FTP, SCP. namun pada tulisan ini saya menggunakan FTP.
2. Encryption : adalah type enskripsi yang digunakan oleh Server Host. ada beberapa pilihan diantaranya yaitu : TLS/SSL Implicit encryption, TLS Explicit encryption, SSL Explicit encryption. namun pada tulisan ini type enskripsi tidak dimasukan. dan menggunakan default nya yaitu no encryption.
3. Host name : ini merupakan field yang digunakan untuk memasukan nama host yang dipakai oleh server hosting bisa berupa karakter misalnya. ftp.example.com atau berupa IP address misalnya 10.10.12.1. 
4. Port number : masukkan port yang diperbolehkan untuk mengupload ke server. sesuaikan isiannya dengan port number yang diberikan oleh Server Hosting.
5. Username : username untuk bisa masuk ke Server hosting.
6. Password  : password untuk bisa masuk ke server hosting.

Jika anda ingin menyimpan pengaturan ini supaya dikemudian hari jika akan mengupload file yang lain tidak perlu mengatur option lagi klik save. selanjutnya klik login. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini jika semua options yang dimasukan sebelumnya benar. 
silahkan tunggu sampai prosesnya selesai. setelah selesai maka akan tampil halaman seperti di bawah ini. untuk melakukan upload gampang saja tinggal melakukan drag and drop dari tampilan sebelah kiri ke sebelah kanan. atau sebaliknya jika dari sebelah kanan ke sebelah kiri maka itu artinya anda akan melakukan Download.

sekian untuk tulisan kali ini semoga bermanfaat.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top