Eksport database di MySQL

Pada kesempatan ini akan dijelaskan sedikit mengenai cara Ekspor dan Impor database di MySQL. Proses ini sangat penting sekali dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesalahan dalam proses Manajemen database. Proses Backup database biasanya bisa dilakukan dengan cara import dan untuk merecovery database biasanya dilakukan dengan cara Import database. untuk melakukan Ekspor Impor Database di MySQL caranya sangat mudah sekali. 

Cara Ekspor Database
Masuk ke halaman manajemen MySQL di XAMPP ke alamat http://localhost/phpmyadmin maka akan muncul halaman manajemen database. Pilih salah satu database yang ingin di Export selanjutnya klik menu Export maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. pada contoh kali ini database yang akan di Export bernama "test".

Pilih Format Backup SQL misalnya dalam artikel ini yang dipilih adalah SQL setelah itu klik tombol Go untuk memulai meng Ekspor database. maka akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini. silahkan di pilih destinasi tempat penyimpanan file SQL. setelah itu klik tombol Ok untuk menyimpan file hasil Export 

Silahkan cari tempat file hasil Export tadi disimpan dan akan terlihat file seperti dibawah ini. 
Simpan file tersebut baik baik karena suatu waktu akan dibutuhkan kembali. sekian dulu tulisan kali ini semoga bermanfaat. terimakasih.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top