Menampilkan foto profile google+ di hasil pencarian Google

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai cara memasukkan profile google+ di hasil pencarian google lebih kurang hasilnya seperti ini. 

kasus yang akan saya bahas kali ini adalah website berbasis blogspot. namun untuk website lain pun konsepnya sama saja. berikut langkah-langkah yang harus dilakukan. namun sebelumnya ada beberapa syarat yang harus dimiliki sebelum menjalankan langkah-langkah berikut yaitu :


Syarat-syarat :
  1. Memiliki account google.
  2. Karena saat ini yang saya bahas adalah website berbasis blogspot maka tentu saja anda harus memiliki website blogspot. namun jika sudah memiliki account google tentu saja gampang untuk membuat website blogspot. tinggal masuk ke blogger.com anda sudah bisa membuat sebuah website blogspot.
Masuk ke webmastertools google :
Setelah syarat diatas terpenuhi kita lanjutkan ke  tahap berikutnya yaitu masuk ke webmaster tools google bisa anda akses di link ini https://www.google.com/webmasters/tools/. silahkan login dengan menggunakan google account. di halaman webmaster tools klik tombol TAMBAH SITUS masukkan alamat situs anda misalnya alimutasal.blogspot.com atau jika sudah ada situs yang didaftarkan klik situs yang akan dikelola.

Copy ID Google+
Selanjutnya masuk ke profile google+ masuk ke menu profile di bagian address bar akan terlihat id profile anda seperti gambar di bawah ini.
Copy Id google plus seperti gambar di atas.

Tambahkan Tag publisher dan author
Masuk ke Dashboard > Template klik tombol "Edit Html" dan masukkan kode berikut ini di antara tag <header> :
        
 
setelah memasukkan kode tersebut simpan perubahan template.
Link Website ke Google+ Setelah langkah diatas berhasil silahkan masuk ke Akun Google+masuk ke menu Profile klik menu tentang. edit bagian Kontributor di , edit menjadi seperti gambar di bawah ini.
klik simpan perubahan.

Mengecek hasil perubahan
Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan selanjutnya adalah melihat hasilnya. untuk melihat hasilnya masuk ke webmaster tools klik website yang telah didaftarkan klik Menu Sumber daya lainnya > Alat Penguji Data Terstruktur selanjutnya masukkan URL website atau blog anda di bagian field URL klik tombol Pratinjau, maka jika berhasil hasilnya akan tampil seperti di bawah ini.
dan jika sudah terindex di google maka hasilnya lebih kurang akan seperti gambar pertama di artikel ini. selamat mencoba semoga sukses. terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top