Menambahkan widget pencarian khusus dari google di blogspot

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai cara menambahkan fitur pencarian khusus untuk website dari google untuk blogspot. apa itu pencarian khusus ? pencarian khusus ini dapat digunakan sebagai mesin pencarian khusus di blog atau web tertentu dengan cara yang sama seperti pencarian di google biasa.


ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan pencarian khusus google ini. yaitu : 

1. Buat Akun google 
Syarat pertama yang harus dilakukan adalah mempunyai google account silahkan mendaftar account google di sini. namun jika sudah memiliki account google silahkan lewati langkah ini.

2. Mendaftarkan blog atau situs ke Webmastertools google
Selanjutnya masuk ke halaman resmi webmastertools google di sini akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :
klik tombol "masuklah ke layanan alat webmaster". tentu saja anda harus login untuk masuk ke dalam webmaster tools. setelah berhasil login maka akan muncul beranda dari webmastertools google seperti gambar di bawah ini.
pada halaman diatas silahkan masukkana alamat website atau situs anda di field tambahkan situs setelah itu klik menu sumber daya lainnya maka akan muncul halaman generator code pencarian khusus seperti di bawah ini. 

masukkan alamat website atau blog yang ingin dipasang pencarian khusus google. setelah itu klik create. maka akan muncul halaman berikut copy code yang tersedia. di dalam halaman tersebut


3. Menambahkan pencarian khusus di blogspot
untuk menambahkannya ke blogspot masuk ke Dashboard->Layout. klik Edit di salah satu layout baik itu di header maupun di sidebar atau ditempat yang dikehendaki. klik Add a Gadget pilih widget html/javascript.

Masukkan code yang tadi di copy di tahap sebelumnya ke dalam content text diatas simpan perubahan. maka hasilnya akan tampil seperti gambar di bawah ini. jika anda melakukan pencarian di form pencarian custom search yang tadi di buat.


Selamat mencoba dan semoga sukses. terimakasih.

0 komentar :

Posting Komentar

^Back to top